Pendidikan

Tips Agar Lolos Seleksi Kompetensi PPPK Guru Tahap 2

Avatar photo
×

Tips Agar Lolos Seleksi Kompetensi PPPK Guru Tahap 2

Sebarkan artikel ini
asn cpns
Foto : ilustrasi

INFO PENDIDIKAN – Tips Agar Lolos Seleksi Kompetensi PPPK Guru Tahap 2

Sobat Pendidikan, bagi teman-teman yang sudah lulus PPPK tahap 1 admin ucapkan selamat menjadi Aparatur Sipil Negara tahun 2021. Guru honorer yang belum berhasil jangan menyerah. Masih ada dua kesempatan lagi. seleksi kompetensi PPPK Guru tahap 2 sudah di depan mata. Berdasarkan Surat Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Nomor 5663/B/GT.01.00/2021, pelaksanaan seleksi PPPK Guru Tahap 2 dilaksanakaan pada Tanggal 24 -30 Oktober 2021.

Adapun peserta seleksi kompetensi PPPK Guru tahap 2, yaitu:

  • peserta PPPK Guru yang tidak lolos seleksi kompetensi PPPK Guru tahap 1
  • honorer THK-II
  • guru honorer di sekolah swasta yangt terdaftar di Dapodik, dan
  • lulusan pendidikan profesi guru (PPG) yang belum menjadi guru dan terdaftar di database

Berikut ini tips agar lolos seleksi kompetensi PPPK guru tahap 2.

1. Pilih Formasi Kosong atau Yang Sepi Peminat

Untuk peserta yang tidak lolos seleksi kompetensi tahap 1 dapat memilih ulang formasi pada seleksi kompetensi tahap 2. Sedangkan untuk peserta guru honorer di sekolah swasta dapat memilih formasi yang belum terisi untuk pertama kali. Sementara itu, bagi lulusan PPG dapat memilih formasi yang belum terisi untuk pertama kali atau memilih formasi sesuai degan domisili.

Pada saat memilih formasi, pilih formasi kosong (tak ada pelamar) maupun formasi yang yang sepi pendaftar yang tentunya sesuai dengan sertifikat pendidik dan/atau kualifikasi pendidikan. Biasanya daerah jauh dari tempat keramaian atau terpencil. Kita bisa melihat daftar formasi di daerah-daerah terpencil.

Hindari memilih tempat ramai seperti perkotaan, dekat perkantoran atau kecamatan. Intinya daerah yang terpencil biasanya tidak memiliki pendaftar. Jika dalam formasi yang kita ikuti hanya ada kita sendiri, maka dipastikan peluang lolos seleksi jauh lebih besar.

2. Mengenali Materi dan Tipe Soal

Pada umumnya, soal seleksi kompetensi guru khususnya ujian kompetensi teknis termasuk jenis soal HOTS-Higher Order Thinking Skills (Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi) yang mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi. Soal ujian kompetensi teknis (kompetensi bidang dan pedagogi) dirancang untuk mengukur kemampuan tidak hanya pada di level memahami saja namun mampu melakukan penalaran.

Tidak ada cara instan yag bisa kita lakukan untuk mengerjakan soal-soal HOTS seperti soal ujian kompetensi teknis. Dalam menghadapi soal kompetensi bidang, Bapak, Ibu bisa belajar soal-soal mata pelajaran yang berorientasi AKM maupun HOTS, misalnya buku-buku AKM SD maupun buku soal AKM SD. Sedangkan dalam menghadapi soal pedagogi, Bapak, Ibu bisa berlatih dari soal-soal pre test PPG maupun soal-soal pada modul-modul PPG serta dokumen-dokumen kurikulum yang berlaku saat ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *