Menu

Mode Gelap
Jelang Pemilu Serentak 104 Jabatan PPK Alami Kekosongan, Ini Batasan Wewenang Pejabat Yang ditunjuk Pesangon Pensiun PNS Lebih Cepat Cair ? Begini Penjelasan BKN Berapa Gaji PPPK 2022 Berdasarkan Golongan ? Simak Penjelasannya CPNS 2023 Kemenkumham Segera dibuka ? Cek Persyaratannya Pendaftaran PPPK Guru 2022 akan ditutup Segera Daftar di ssscasn.bkn.go.id

Pendidikan · 4 Nov 2021 22:34 WIB ·

Buat Kamu Yang Belum Tahu Apa Sih Tes SKB CPNS ?


 Peserta seleksi kompetisi dasar (SKD) CPNS antre pengecekan nomor ujian sebelum mengerjakan soal tes di Kantor BKN Kendari, Kendari, Sulawesi Tenggara, Senin (6/9/2021) - (ANTARA FOTO/Jojon/hp.) Perbesar

Peserta seleksi kompetisi dasar (SKD) CPNS antre pengecekan nomor ujian sebelum mengerjakan soal tes di Kantor BKN Kendari, Kendari, Sulawesi Tenggara, Senin (6/9/2021) - (ANTARA FOTO/Jojon/hp.)

KLIKASN.COM – Tes SKB CPNS adalah tes Seleksi Kompetensi Bidang yang dilaksanakan setelah SKD. Tes SKB ini merupakan seleksi untuk mengukur kemampuan dan karakteristik dalam diri seseorang.

Pengukuran tersebut berupa pengetahuan, keterampilan, perilaku yang diperlukan dalam pelaksanaan tugas jabatannya sehingga individu tersebut mampu menampilkan unjuk kerja yang tinggi dalam suatu jabatan tertentu.

Bagaimana Syarat Mengikut SKB?

Penting untuk diketahui bahwa peserta yang bisa mengikuti SKB ditentukan paling banyak 3 kali dari jumlah kebutuhan jabatan berdasarkan peringkat tertinggi yang memenuhi nilai ambang batas.

Baca Juga : Jadwal Tes SKB CPNS 2021, Simak Selengkapnya !

Apabila ada peserta yang memiliki nilai SKD sama dan berada pada batas 3 kali kebutuhan jabatan, penentuan kelulusan SKD dilakukan secara berurutan, mulai dari nilai Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). Namun, jika ketiga nilai masih sama, semua peserta berhak mengikuti SKB.

Ketentuan ini tercantum dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Nomor 27 Tahun 2021 tentang Pengadaan Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Materi

Serupa dengan SKD, nantinya, SKB juga akan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT). Durasi waktu pengerjaan ujian adalah 90 menit.

Bagi peserta penyandang disabilitas sensorik netra yang melamar pada formasi khusus penyandang disabilitas, durasi waktu pengerjaan ujian menjadi 120 menit.

Namun, jika peserta penyandang disabilitas sensorik netra melamar pada formasi umum atau formasi khusus selain penyandang disabilitas, durasi waktu pengerjaan ujian yang diberikan sama dengan formasi umum, yaitu 90 menit.

Peserta CPNS 2021 bisa mempersiapkan diri untuk mengikuti SKB dengan mempelajari beberapa materi berikut ini, seperti yang dilansir dari Peraturan Menteri PANRB Nomor 27 Tahun 2021.

1. Psikotes

2. Tes Potensi Akademik

3. Tes Kemampuan Bahasa Asing

4. Tes Kesehatan Jiwa

5. Tes Kesegaran Jasmani atau Tes Kesamaptaan

6. Tes Praktik Kerja

7. Uji Penambahan Nilai dari Sertifikat Kompetensi

8. Wawancara

9. Tes Lain Sesuai Persyaratan Jabatan

Penilaian

Selain pelaksanaan SKB dengan sistem CAT, instansi pusat atau daerah juga bisa mengadakan SKB tambahan. Berkaitan dengan hal tersebut, inilah rincian sistem penilaiannya.

Instansi Pusat:

1. SKB dengan sistem CAT merupakan nilai utama dengan bobot paling rendah 50 persen dari nilai SKB secara keseluruhan.

2. Apabila terdapat tes wawancara selain dengan sistem CAT, diberikan bobot paling tinggi 30 persen dari nilai SKB secara keseluruhan.

3. Apabila terdapat tes berupa uji penambahan nilai dari sertifikat kompetensi, diberikan bobot paling tinggi 20 persen dari nilai SKB secara keseluruhan.

Instansi Daerah:

1. SKB dengan sistem CAT merupakan nilai utama dengan bobot paling rendah 60 persen dari nilai SKB secara keseluruhan.

2. SKB tambahan diberikan kepada jabatan yang bersifat teknis atau keahlian khusus dengan bobot paling tinggi 40 persen dari nilai SKB secara keseluruhan. Sebagai catatan, SKB tambahan ini tidak berupa tes wawancara.

Nilai hasil akumulasi dari tes SKD dan SKB menjadi penentu apakah peserta lolos atau tidak menjadi PNS.

Artikel ini telah dibaca 48 kali

Tim Klik ASN badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Peserta Ujian SKB CPNS 2021 Jangan Lupa Siapkan Dokumen yang Dibawa 15 November

12 November 2021 - 20:39 WIB

SKB CPNS 2021

Cara Unduh Hasil Seleksi Kompetensi PPPK Guru Tahap 1 Tahun 2021

18 Oktober 2021 - 01:09 WIB

asn2

Tips Agar Lolos Seleksi Kompetensi PPPK Guru Tahap 2

18 Oktober 2021 - 01:05 WIB

asn cpns

Jadwal dan Lokasi Seleksi Kompetensi PPPK Kemenag Tahap 1 Tahun 2021

18 Oktober 2021 - 01:02 WIB

asn sedang bekerja

Cara Pengisian Daftar Riwayat Hidup melalui Akun SSCASN PPPK Guru Tahap 1 Tahun 2021

18 Oktober 2021 - 00:58 WIB

pns guru

Soal dan Jawaban Kuis Kunci Pengembangan Tahun 2021

18 Oktober 2021 - 00:54 WIB

soal
Trending di Pendidikan